Luthfi Idris Cerita Linux, Jerman Wirausaha dan Hidup Sederhana

Alhamdulillah

Alhamdulillah saya ucapkan selalu. Alhamdulillah saya di terima di salah satu universitas di Jerman. Alhamdulillah proses nya dapat berjalan lancar sampai sekarang. Alhamdulillah semua dimudahkan oleh Allah SWT. Alhamdulillah saya diberikan kesempatan yang sangat berharga ini. Alhamdulillah saya di anugerahkan keluarga yang sangat support kepada saya.

Gak henti-hentinya saya mengucapkan hamdalah atas rasa syukur dan nikmat yang diberikan Allah SWT. Saya tahu sudah lama saya tidak posting di blog ini. Salah satunya karena saya tidak lagi kursus di Goethe-Institut  jadi saya tidak posting kejadian / pelajaran selama di kelas. Pelajaran bahasa jerman saya akan dilanjutkan di Jerman langsung :-D , Alhamdulillah.

Kali ini saya akan posting tentang cara mengurus visa student untuk keperluan studi di Jerman. Sebetulnya caranya ada lengkap di situs kedutaan jerman di Indonesia. Tetapi ada beberapa trik/saran agar dalam mengurus bisa lancar.

  1. Buat bank account jauh-jauh hari, bahkan pada saat apply ke universitas di Jerman disarankan langsung membuat account bank di Deutsche Bank. Caranya ada di link ini. Triknya adalah, segera setelah ke kedutaan dan dilegalisir langsung dikirim ke Hamburg. Setelah tiga hari / dokumen sampai langsung konfirmasi melalui email ke [email protected] Dijamin setelah itu langsung ada balasan dari DB. Kalau tidak, mungkin baru seminggu accountnya jadi.

  2. Setelah jadi langsung transfer uang. Lebih baik, lebih besar daripada minimalnya sekitar 150 euro lebih besar daripada nilai yang harus di transfer. Karena nanti akan ada pemotongan sebesar 50 euro untuk administrasi.

  3. Segera setelah transfer, konfirmasi lagi melalui email. Untuk mempercepat proses.

  4. Soal bikin termin, banyak yang tidak dapat termin (appointment) dikarenakan penuh. Saran dari saya, sering-sering cek jadwalnya karena sering juga banyak yang batal dan kita bisa memakai termin tersebut. Contohnya saya awalnya dapat termin tanggal 17 juli lalu pada suatu saat saya cek termin kembali. Ternyata banyak yang cancel termasuk esok hari. Karena saya belum yakin lengkap semua, jadi saya majukan tanggal 12 juli.

  5. JANGAN LUPA, semua dokumen harus dalam berbahasa inggris atau jerman. Untuk dokumen akademis harus di legalisir.

  6. FOTO, harus mengacu kepada contoh ini.

  7. Setelah membuat Termin dan datang ke Botschaft terus menyerahkan berkas-berkas yang sudah lengkap. Kita disuruh menunggu telepon dari Botschaft. Pada saat di suruh tanda tangan dan memberikan no telp yang bisa dihubungi disitu tertera tanggal maximal visa terbit. Jadi catat tanggalnya untuk siap-siap.

  8. Datanglah panggilan telepon dari Botschaft itu, kira-kira 3 minggu setelah saya menyerahkan semua berkas dengan lengkap. Besoknya saya datang ke kedutaan membawa passport dan kassenzettel (kwitansi) yang diberikan pada saat membayar visa. Tidak perlu bikin appointment, langsung datang lalu ke loket 5 menyerahkan passport dan Kassenzettel tersebut. Lalu petugasnya akan meminta untuk datang jam 1 pada hari itu juga, untuk mengambil visa yang sudah di CAP. Setelah itu silahkan anda datang ke Jerman :).

Sementara sekian dulu tips dan trik saya. Mudah-mudahan berguna.

« Pos Sebelumnya Pos Sesudahnya »